Toko Ikan Cupang Sebaiknya Memiliki Genset

Toko Ikan Cupang Sebaiknya Memiliki Genset

Pesona ikan hias Aceh kian bersinar seiring kebangkitan kota Serambi Mekah pasca tsunami beberapa tahun silam.Sebut saja Red Sumatera Betta (Betta rubra), ikan yang tergolong Famili Osphronemidae dan subfamili Macropodusinae ini merupa­ kan jenis ikan cupang langka yang sempat dinyatakan hampir punah dan kini mulai banyak ditemukan kembali di Aceh. Red sumatera betta atau Betta rubra saat ini masih dikenal dengan spesies endemik Aceh, ungkap Melta Rini Fahmi Peneliti Balai Riset Budidaya Ikan Hias Pusat Riset Perikanan, Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan Perikanan (BRSDM KP) pada presentasi Expo Aqua­ culture di Penas XV Aceh Mei lalu.

Lanjutnya, spesies ikan cupang langka ini telah dikembangbiakan oleh Aceh Betta Farm. Betta rubra ini banyak dicari oleh penggemar ikan hias di Aceh dan biasanya harganya cukup tinggi. ”Di Aceh juga telah ada Aceh Betta komunitas yang anggota­ nya sudah ratusan orang, pada gelaran Penas ini juga selama lima hari kita gelar kontes ikan cupang termasuk Betta rubra,” kata Melta menginformasikan. Lebih jauh Melta menerangkan, ikan Betta rubra jantan memiliki warna yang lebih menarik, sehingga menarik banyak penghobi untuk mengkonteskannya. Pada saat birahi warna merah pada ikan jantan Betta rubra akan terlihat lebih terang, ungkap Melta. Ikan ini juga termasuk paternal mouthbrooder (mengerami anaknya di mulut) yang mengerami larva 15 – 17 hari.

Dalam gelaran Expo Aquaculture ini juga diadakan kontes ikan cupang dengan memperebutkan 38 kategori, dengan memberikan 3 juara untuk setiap kategori. Salah satu kategorinya yakni kontes Betta rubra dari berbagai corak keunggulannya. Gelaran kontes ikan cupang di Expo Aqua­ culture ini kita fasilitasi untuk mendorong semakin berkembangnya potensi ikan hias Aceh, kita juga mendorong peningkatan ekspor ikan hias Aceh, ungkap Diaudin Kepala Dinas Perikanan Aceh saat menutup Expo Aquaculture (11/5) lalu.

Pendapatan dari Ikan Hias

Melta mengungkapkan berdasarkan data BPS (2014), rata­rata pendapatan per rumah tangga menurut sumber pendapatan utama, budi­ daya ikan hias nasional menempati angka teratas dengan nilai pendapatan sekitar Rp 50.848 per hari dibandingkan pendapatan dari sektor lain seperti tanaman pangan, peternak an, maupun penangkapan ikan di laut dan perairan umum. Kalau kita lihat artinya usaha budidaya ikan hias untuk skala rumah tangga itu sangat menjanjikan, dengan hasil survei yang menunjukkan pendapatan sekitar Rp 50 ribu per hari per rumah tangga dari budidaya ikan hias, ujar Melta.

Di Aceh, berdasarkan data BPS (2013) bahwa jumlah rumah tangga pembudidaya (RTP) ikan hias masih sangat kecil dibandingkan daerah lainnya seperti Sumatera Utara. Aceh sendiri untuk RTP ikan hias jenis cupang baru ada sekitar 18 pembudi­ daya, sedangkan Sumatera Utara jumlahnya sudah mencapai lebih dari 70 pembu­ didaya untuk ikan cupang saja, ungkap Melta. Ia berharap kedepannya lebih banyak lagi pembudidaya ikan hias yang muncul di Aceh. Melta menginformasikan, tercatat untuk sekpor ikan hias memlaui bandara Aceh pada 2016 baru mencapai 12.062 ekor dengan nilai Rp 189.330.000, padahal pada 2015 tercatat volumenya mencapai 34.899 ekor dengan nilai Rp 168.310.000.

Terjadi penurunan dari sisi jumlah tapi terjadi peningkatan dari sisi nilai, artinya kita harus menggenjot secara jumlah untuk ekspor ikan hias Aceh, ucap Melta. Melta menginformasikan, berdasarkan data Ikan hias air tawar yang diper­dagangkan secara internasional ada 5.325 jenis. Ribuan jenis ikan hias air tawar yang diperdagangakan secara internasional, keanekaragaman ikan hias di perairan Indonesia jumlahnya juga ribuan. Paling tidak ada 1.248 jenis ikan air tawar yang Indonesia miliki, dan 3.476 jenis ikan hias air laut yang ada di perairan Indonesia.

Fungsi Genset Pada Toko Ikan Cupang

Toko ikan cupang ini umumnya juga menjual jenis ikan hias lain seperti mas koki, ikan koi, ikan arwana dan lain sebagainya. Ikan hias tersebut agar dapat bertahan hidup lebih lama membutuhkan water pomp yang sekaligus berguna untuk membersihkan air di akuarium. Masalahnya, kita ini masih sering terkena dampak pemadaman listrik bergilir tanpa pemberitahuan. Jika hal ini menimpa pada toko ikan hias, bisa jadi ikan-ikan disana mati akibat water pomp tidak bekerja.

Inilah pentingnya genset bahan bakar bensin dimiliki pada toko ikan hias. Pemilik toko tidak boleh meremehkan hal ini sebab genset sangat berperan dalam menjaga kehidupan ikan yang dijual ketika pemadaman terjadi. Tidak susah untuk memperoleh genset sebab sekarang semakin banyak toko jual genset yanmar 42 kva yang menawarkan harga kompetitif.