Faktor Keamanan Sangat Penting

Jangan bayangkan website Anda (sesederhana apapun itu) jauh dari keusilan tangan para hacker. Selain mereka, website Anda juga bisa saja bermasalah dengan hal-hal yang sifatnya teknis. Langkah antisipatif apa sajakah yang dapat kita lakukan?

?Biasakan aplikasi cMS Anda selalu up-to-date. hal ini untuk mengurangi resiko website Anda terkena serangan hacker. Update biasanya akan menutupi celah yang ada, termasuk memperbaiki bug. Update yang diberikan oleh wordpress dan theme umumnya juga menambahkan feature terbaru.

?hindari penggunaan theme premium bajak an yang banyak beredar. Tidak menutup kemungkinan jika theme tersebut telah disisipi script atau file yang berbahaya. Ada baiknya Anda mendownload melalui website asalnya, atau membelinya lewat developernya secara langsung, seperti di http:// themeforest.net/. Sekalipun theme yang Anda gunakan itu gratis, Anda juga harus memastikan hal yang sama.

?Backup selalu website Anda. hal ini bisa membantu Anda untuk melakukan pemulihan jika sewaktu-waktu website Anda mengalami masalah seperti salah menghapus atau bahkan bermasalah. Aplikasi seperti wordpress misalnya, memungkinkan Anda mendownload file database yang ada dengan meng ekspornya terlebih dahulu.

?perbarui password Anda secara berkala. Meski terkesan sederhana, nasihat yang satu ini sering diabaikan oleh pemilik website. ?Anda bisa menggunakan plugin untuk meningkatkan keamanan website. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan plugin seperti Yoast wordpress SEo agar konten website Anda lebih mudah dibaca oleh mesin pencari seperti Yahoo dan Google. plugin juga bisa membantu Anda menikmati berbagai macam feature yang belum tersedia ketika website dalam kondisi default.

?Jika sudah tidak bisa mengatasi permasalahan, jangan sungkan untuk menghubungi customer Support penyedia layanan hosting Anda. Ketahui bahwa permasahan ini juga menjadi tanggungjawab mereka. Mereka bisa membantu Anda untuk mengembalikan posisi website Anda seperti beberapa jam atau hari lalu.