Layanan hosting

Selain melayani pembelian nama domain, website-website di atas juga menyediakan jasa sewa hosting. Inilah yang membuat penawaran dari masing-masing website berbeda. Karena untuk harga pembelian domain, masing-masing penyedia tidak memiliki perbedaan harga yang berarti. Bahkan, ada penyedia layanan yang memberikan promo gratis bebas biaya hosting/domain untuk tahun pertama. Biaya hosting pun tidak semuanya mahal.

Ada penyedia layanan yang mematok tarif tidak sampai Rp. 20.000,00 per tahun (ya, biayanya dihitung pertahun), ada pula yang lebih dari Rp.200.000,00 per bulannya. Besarnya masing-masing tarif dari layanan tersebut bergantung pada besarnya disk space yang akan disewa, termasuk pilihan paketnya. Paket yang paling terjangkau adalah yang berjenis Shared Hosting, hingga yang berbiaya tinggi seperti Virtual Private Server (VPS). Ada pula yang berjenis Parking dengan biaya hanya Rp.1,00 per tahunnya.

Tetapi, Parking ini hanyalah untuk memuat website yang belum diisi konten apa pun, dengan tujuan dipakai di kemudian hari, ataupun dijual ke orang lain atau perusahaan dengan harga yang lebih tinggi. Jadi, jika menemukan nama website yang bagus, tidak ada salahnya untuk membelinya. Bisa dibilang, bisis jual-beli domain, selayaknya bisnis properti di dunia nyata. Khusus untuk website yang nantinya dibuat untuk kegiatan jual-beli, pastikan menyewa layanan hosting yang memiliki sertifikat SSL.